cara mengatasi rambut rontok


Rambut rontok bisa menjadi problem siapa saja, apalagi perempuan! Perempuan selalu ingin terlihat cantik dan modis, bukan cuma dari penataan rambut dan pewarnaannya yang seusai tren, akan tetapi mereka mau tahu bagaimana cara perawatan rambut yang benar. Agar kerontokan rambut bisa teratasi, dan penampilan rambut jadi indah berkilau.
Ternyata memang problem rambut rontok hadir lantaran banyak sebab. Bahkan sebagian hairstylist ikut terlibat dengan perkara tersebut, karena memakai berbagai produk chemical secara berlebihan dan prosesnya salah. Ini dikatakan ahli kecantikan Kusumadewi Sutanto saat temu dialog bertajuk ”Rambut Rontok karena Rapuh” di Hotel Dharmawangsa, minggu lalu.
Selain itu, ia menyebut beberapa faktor penyebab lain seperti pengaruh polusi, sinar ultra violet, radikal bebas, dan lampu tata cahaya di studio televisi. Saat dialog yang dipandu Becky Tumewu dengan dua bintang tamu, Soraya Haque dan model/presenter Olga Lydia, pakar kecantikan itu juga menyebut kesalahan wanita yang kerap rambutnya di-blow atau cat sebagai penyebab kerontokan. Di samping itu, ada kebiasaan salah lainnya, yakni memakai hairdryer terlalu dekat ke rambut. Ataupun memakai gulungan rambut sampai saat tertidur.
Di bagian lain, dia menyinggung problem kerontokan rambut yang membuat botak para lelaki. Gangguan hormonal menjadi penyebab kebotakan pada lelaki, sambung Kusumadewi. Ini jauh berbeda dengan kaum wanita yang paling banter rambutnya rusak.
Jelas ngeri mendengar penjelasan Kusumadewi ihwal proses kerontokan rambut. Dia menyebut dalam tingkat normalnya saja, rambut lepas dari kulit kepala bisa mencapai 50-100 helai setiap hari. Ada dua tipe kerontokan rambut yang bisa mengganggu siapa saja, yakni Hairfall dan Hairloss.
Hairfall adalah problem kerontokan yang terjadi karena rambut rapuh, dan melebihi batas normal. Hairloss adalah rambut rontok yang antara lain tercipta oleh faktor usia, genetik, hormon, infeksi kulit, atau usai melahirkan.

Tanda-tanda Khusus
Ada tanda-tanda khusus saat rambut mulai rontok secara berlebihan. Proses tersebut dimulai dari rambut yang mudah terpatah saat kita menyisir. Problem buruk ini juga bisa terlihat di saat Anda bangun tidur, karena rambut rontok lebih banyak terlihat di permukaan bantal. Selain itu bisa dilihat begitu banyak rambut terlepas, ketika kita usai mencuci rambut.
Penyebab rambut rontok adalah karena kerapuhannya, urai Kusumadewi. Hal itu bisa disebabkan oleh faktor mekanik (pengelupasan dan kerusakan kutikula karena menyisir dan menata rambut); faktor kimia (pewarnaan, pengeritingan dan pemucatan atau bleaching, menyisir saat rambut basah, dan menjepit/mengikat rambut terlalu kuat); dan faktor lingkungan (matahari, polusi, dan asap) yang membuat rambut kehilangan protein.
Kusumadewi menganjurkan pemakaian shampo sekaligus kondisioner yang bisa mengatasi problem rambut rapuh. Dia juga mengajukan beberapa tips bermanfaat untuk perawatan rambut yang benar. Dimulai dari mengeramas rambut sesering mungkin, atau jangan biarkan rambut dalam keadaan kotor terlalu lama.
Dia juga menganjurkan pemakaian sisir bergigi jarang, di saat usai berkeramas. Lalu pakailah hairdryer dengan tingkat panas yang sedang, namun melakukannya dengan jarak aman dari rambut, dan hairdryer harus selalu digerakkan atau jangan berfokus hanya pada satu sisi.
Tips berikut darinya adalah anjuran untuk mengurangi pemakaian kosmetik rambut, seperti hairspray, highlight, dan pengeritingan atau pelurusan. Hindari rambut terkena panas matahari langsung dalam waktu lama. Sebaiknya juga Anda menggunakan shampo dan kondisioner secara tepat dan teratur.

Beberapa Hal Penting
Patut diperhatikan pula tips perawatan rambut dari Dr John Gray yang anggota Asosiasi Penelitian Rambut Eropa dan Amerika. Ada beberapa hal penting yang dianjurkannya, agar rambut tidak rusak saat dikeramas atau membuatnya tetap indah berkilau. Dia memberi saran untuk membiarkan rambut tergerai secara alami saat dikeramas. Hal tersebut bisa dilakukan sambil berdiri di bawah shower, ataupun memakai wadah keramas seperti di salon.
Lalu mulailah membasahi rambut dengan air hangat. Tuangkan shampo ke telapak tangan. Anda membutuhkan cukup busa untuk menutupi setiap helai rambut. Gosoklah shampo di tangan sampai berbusa, kemudian aplikasikan pada rambut Anda. Mulai dari kulit kepala, lalu mulailah mengeramas seluruh rambut dengan gerakan pemijatan lembut dengan ujung jari.
Ingat, anjurnya, agar rambut tetap tergerai secara alami selama proses pengeramasan dan pemijatan. Kemudian siram rambut Anda dengan membiarkan air membasahi seluruh rambut dari atas, sambil rambut dibelai dengan lembut. Hati-hati agar jangan menggosok rambut dengan kasar, karena pada saat itulah rambut sangat rentan terhadap kerusakan dan friksi.
Untuk melembapkan rambut, sebaiknya membersihkan rambut sampai benar-benar bersih dari sisa shampo. Lalu tuangkan kondisioner ke telapak tangan, dan aplikasikan kondisioner pada rambut dengan menggunakan jari t

materi referensi:

Melawan Rambut Rontok dengan Shampo dan Kondisioner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar